MECARU LAN MLASPAS JALAN KE TUKAD UNDA

  • 09 Januari 2016
  • Dibaca: 259 Pengunjung
MECARU LAN MLASPAS JALAN KE TUKAD UNDA

Hari ini tanggal 9 januari 2015, bertepatan dengan tilem sasih kepitu warga Desa Akah melakukan upacara adat  mecaru dan memelaspas badan jalan menuju tukad unda. Jalan yang dibuat sejak lebih dari 10 tahun yang lalu ini yang sedianya dibuat dengan maksud untuk mempermudah akses ketukad unda dengan tujuan untuk digunakan sebagai tempat nganyud jika ada upacara pitra yadnya (ngaben) di desa akah, sehingga warga Desa Akah tidak lagi diharuskan nganyud ke tukad unda di banjar/desa lebah yang selama ini dilaksanakan warga secara turun temurun.

Jalan yang dibangun sepanjang hampir 1 km ini lebih sari 600 meter dibangun dan diaspal dari bantuan pemerintah daerah sedangkan sisanya lagi 275 meter baik pembuatan badan jalan, penyenderan saluran irigasi dan pembetonannya dilanjutkan oleh Pemerintahan Desa dengan menggunakan dua sumber dana yaitu dari ADD dan Dana Desa tahun anggaran 2015 yang menghabiskan anggaran sebesar Rp. 436.146.000,00.

Upacara ini dibiayai dari dua sumber dana, hal ini disebabkan karena penyelesaian badan jalan ini dibiayai dari dua sumber pendanaan yang dimaksud. Upacara pecaruan dan pemelaspas jalan ini dilakukan oleh jero mangku dalem Desa Akah dan dihadiri oleh Parajuru Desa Adat dan Dinas Desa Akah.

  • 09 Januari 2016
  • Dibaca: 259 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita