Warga Desa Akah Khawatirkan Sumur Uji PT. Investama

  • 12 Februari 2016
  • Dibaca: 225 Pengunjung
Warga Desa Akah Khawatirkan Sumur Uji PT. Investama
Mendapat laporan dari warga terkait adanya sumur uji baru di lahan milik PDAM Klungkung yang berada diwilayah Desa Akah Kecamatan Klungkung, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta turun melakukan tinjauan Jumat (12/2). Dalam laporan itu warga menyampaikan sebuah sumur uji telah selesai dibuat dan siap dilakukan penyedotan. Namun jika penyedotan air tanah ini dilakukan, warga setempat khawatir akan mengurangi volume air pada PAM Desa Akah yang berada tidak jauh dari sumur uji  di dusun Yangapi.
Dilokasi sumur uji ini Wabup Kasta diterima Dirut PDAM Klungkung I Nyoman Renin Suyasa dan beberapa pejabat PDAM Klungkung. Dalam keterangannya, Dirut PDAM Klungkung I Nyoman Renin Suyasa mengatakan sumur uji ini dibuat oleh PT. Investama awal tahun 2015 lalu, sebelum dirinya menjabat dirut PDAM. Sumur dibuat dengan kedalaman sekitar 150m dan menghasilkan air tanah sebanyak 12 liter/detik. Nyoman Renin juga mengatakan bahwa pihak PT. Investama sudah mengajukan Memorandum of Understading (MoU) kepada pihak PDAM terkait sumur uji ini namun telah serahkan ke Bupati Klungkung untuk disikapi. " Atas intruksi Bapak Bupati Klungkung, saat ini kami pihak PDAM masih melakukan kajian kajian, serta mencari tahu dampak sosial dan lingkungan yang ditimbulkan jika air tanah ini dieksplorasi," Ujar Dirut PDAM I Nyoman Renin Suyasa. 

Sementara itu Wabup Made Kasta menghimbau jika seandaianya kerjasama antara Pemkab, PDAM dan PT Investama telah disepakati, hendaknya dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat. Hal ini untuk mencegah pemikirian dan prasangka buruk pada masyarakat khususnya warga setempat.

  • 12 Februari 2016
  • Dibaca: 225 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita