SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA AKAH KECAMATAN KLUNGKUNG KABUPATEN KLUNGKUNG PROVINSI BALI

Artikel

PANDUAN LAYANAN PERMOHONAN BANTUAN SOSIAL

25 September 2019 14:30:43  Administrator  2.278 Kali Dibaca  Panduan Layanan Desa

 

 

PANDUAN LAYANAN PERMOHONAN BANTUAN SOSIAL

 

Adapun beberapa prosedur layanan permohonan bantuan sosial di Kabupaten Klungkung sebagai berikut:

A. PROSEDUR PENANGANAN PENYANDANG DISABILITASI UNTUK MEMPEROLEH BANTUAN PENYANDANG DISABILITAS

Penyandang disabilitas adalah mereka yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam jangka waktu lama dimana ketika berhadapan dengan berbagai hambatan hal ini dapat mengalami partisipasi penuh dan efektif mereka dalam masyarakat berdasarkan kesetaraan dengan yang lainnya

Kriteria : Mengalami hambatan untuk melakukan suatu aktifitas sehari-hari; Mengalami hambatan dalam bekerja sehari-hari; Tidak mampu memecahkan masalah secara memadai; Penyandang disabilitas fisik: tubuh, netra, rungu wicara; Penyandang disabilitas mental: mental retardasi dan eks psikotik; dan Penyandang disabilitas fisik dan mental/disabilitas ganda.

Alur permohonan bantuan penyandang disabilitas : 

  1. Permohonan dari desa untuk mohon bantuan sembako, kursi roda, tongkat ketiak, alat bantu dengar, bed/Tempat tidur lubang
  2. Penerima permohonan
  3. Diterima oleh Kepala Seksi Pelayanan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan Korban Perdagangan Orang
  4. Kepala Bidang Rehabilitas dan Perlindungan Jaminan Sosial
  5. Verifikasi sosial
  6. Rekomendasi yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas

 

B. PROSEDUR DALAM RANGKA PEMBERIAN BANTUAN SEMBAKO KEPADA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) 

  1. Adanya permohonan bantuan dari desa 
  2. Penerimaan permohonan
  3. Diterima oleh Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Susila
  4. Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial
  5. Verifikasi ke Desa
  6. Rekomendasi yang ditanda tangan oleh Kepala Dinas

 

C. PROSEDUR PENANGANAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) ORANG TERLANTAR DAN GEPENG

  1. ODGJ, Orang terlantar dan gepeng diantar oleh Satpol PP/Polisi/Masyarakat
  2. Penerima pengaduan
  3. Diterima oleh Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial
  4. Kepala Bidang Rehabilitasi dan Jaminan Sosial
  5. Surat pengantar dan berita acara yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas

 

D. ALUR KEGIATAN REALISASI BANTUAN BEDAH DAN REHAB RUMAH

 Kriteria penerima bantuan bedah dan rehab rumah :

  • Terdaftar di BDT (Basis Data Terpadu) TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) sebagai keluarga RTS (Rumah Tangga Sasaran)
  • Ditetapkan sebagai RTS berdasarkan hasil musdes/muskel
  • Tidak memiliki rumah yang layak huni
  • Memiliki lahan untuk dibangun rumah, sedangkan bagi calon penerima rehab rumah, rumahnya layak untuk direhab (atap, lantai, dindin [aladin])

Berikut merupakan alur kegiatan realisasi bantuan bedah dan rehab rumah di Kabupaten Klungkung : 

  1. Pengajuan proposal bantuan bedah dan rehab rumah dari Kepala Desa/Lurah/DPR ke Kepala Bagian Umum Pemda Kabupaten Klungkung
  2. Dinas Sosial P3A menerima proposal bedah dan rehab rumah dari Kabag Umum diteruskan ke Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin
  3. Bidang Pemsos dan Penanganan Fakir Miskin melaksanakan verifikasi terhadap proposal yang sudah masuk
  4. Menganalisis hasil verifikasi untuk menentukan kalayakan untuk dilanjutkan sebagai usulan
  5. Menyatakan layak untuk menerima bantuan melalui rekomendasi Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Klungkung
  6. Pengajuan usulan untuk menerima bantaun bedah rehab rumah ke panitia anggaran sesuai dengan rekomendasi

Catatan : proposal yang disetor ke Dinas Sosial P3A sebelumnya harus dibawa/didaftarkan ke bagian umum Pemda Klungkung. Jika tidak dibawa ke bagian umum, maka usulan tidak akan terdaftar di Baperlitbang (usulan tidak akan terealisasi)

 

 

Informasi lebih lanjut terkait program-program bantuan sosial di Kabupaten Klungkung :

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung
Jl. Gajah Mada No.70 Semarapura
(0366) 21105 

link website : https://dinsospppa.klungkungkab.go.id/

 

Sumber  :

1. Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung (sumber info alur atau prosedur)

2. https://intelresos.kemsos.go.id/new/?module=Pmks&view=odk# (sumber info pengertian dan kriteria penyandang disabilitas)

 

 

 

Romayani
05 November 2020 22:49:31
Tlg dlihat kembali yg dpt bntuan g semua ada yg kebagian ada yg gk,utamakan yg cacad dlu yg dapat mksh
Fahri aulia
02 November 2020 10:20:40
Assallamuallaikum bp yth . Sya punya anak disabilitas tunanetra . Berobt ke cicendo 2 minggu sekali . Tpi tidak pernah mendapat kan bantuan apa pun . Sya dri bandung . Sy sudah cob k kantor desa . Tpi tidak ada tanggapan apa pun
Admin
18 Mei 2020 00:17:11
admin : @Nanang supriatna. terimakasih sudah mampir pada web desa kami .bapak bisa ke kantor pemerintah desa setempat untuk mengetahui informasi terkait .terimakasih
Nanang supriatna
15 Mei 2020 22:32:06
Saya seorang forografer pernikahan sudah dua bulan lebih kegiatan saya terhenti saya sudah mengajukan ke pemerintah desa tapi masih belum dapat bantuan sedangkan yang lain sudah mendapatkan mohon bantuannya terimakasih
Guntur abdullah
12 Mei 2020 09:29:25
Saya seorang supir udh nganggur hampir 2 bulan d rumah mohon kiranya pihak pemerintah memerhatikan masalah bantuan
admin
05 Mei 2020 12:25:06
terimakasih sudah mampir. bapak bisa ke kantor pemerintah desa setempat untuk mengetahui informasi terkait.dan bapak bisa juga mencoba mendaftar kartu pra-kerja ini linknya https://www.prakerja.go.id/
yusuf asmi fauzi
05 Mei 2020 04:44:48
minta bantuan dampak covid 19

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Surat Online

Pengaduan Online

Peta Desa

Statistik Penduduk

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online Smartdesa
Map Tracker Smartdesa Informasi dan Siaga COVID 19 Klungkung

Aparatur Desa

Back Next

Info Media Sosial

Arsip Artikel

11 Juli 2019 | 107.628 Kali
Sejarah Desa Akah
07 Agustus 2018 | 107.611 Kali
Profil Wilayah Desa Akah
11 Juli 2019 | 107.587 Kali
Visi dan Misi
08 Juli 2019 | 107.573 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
09 Juni 2020 | 83.162 Kali
Profil PPID
25 Juli 2020 | 81.179 Kali
KADER DESA AKAH
05 Juli 2019 | 79.505 Kali
LINMAS

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.242
    Kemarin:1.507
    Total Pengunjung:638.171
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.184.78
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terkini